Pria berperilaku macho beresiko pendek umur

Jika pria dan wanita diadu dalam hal umur panjang, maka kompetisi ini akan dimenangkan oleh wanita. Para pakar mengatakan, rata-rata usia wanita lebih panjang sekitar 7 tahun daripada usia pria. Penyebabnya, karena kaum pria selalu berperilaku macho, dan memiliki sikap keangkuhan John Wayne. Lalu apa kaitannya?
Macho berarti sifat-sifat maskulin karikatur. Dan sikap ini berkait erat dengan gejolak jiwa akan kejantanan para pria. Dengan demikian hal ini berarti, macho lebih banyak mempergunakan tenaga totalitas jasmani tetapi membuat pria cenderung untuk menutup-nutupi emosi jiwanya. Sifat-sifat macho memang tidak dapat dikatakan bertanggung jawab sepenuhnya atas pendeknya usia pria. Misalnya ada bukti-bukti bahwa hormon ternyata mempunyai efek terhadap fungsi jantung, yang cenderung memperpendek usia pria.
Menurut penelitian “Polytechnic Institute” di Amerika Serikat diungkapkan bahwa lelaki berusaha memperlihatkan dirinya kuat, terutama tipe pendiam dan berada dalam situasi stres 02 sebenarnya itu menandakan bahwa padanya terjadi perubahan-perubahan kardiovaskuler yang mengarah kepada penyakit jantung. Ini disebut sebagai kepribadian tipe A. Kepribadian tipe A ditandai pula dengan sifat agresif, sering tegang dan kompetitif atau ingin selalu bersaing. Jelas hal ini perilaku yang tidak baik atau sebenarnya bukanlah perangai yang sehat.
Dari beberapa hasil penelitian itu terungkap bahwa sifat-sifat berani ternyata membahayakan kesehatan. Yang menunjang kesimpulan itu, misalnya adalah data yang menyatakan bahwa kaum pria 4x lebih banyak menjadi korban pembunuhan dan satu setengah kali lebih banyak menjadi korban peperangan. Contoh yang paling gampang, kaum pria cenderung untuk mengabaikan peringatan yang merupakan tanda-tanda penyakit. Lainnya, misal kaum pria cenderung mengalami kecelakaan lalu lintas karena sering terlalu berani mengambil resiko.
Karena perilaku berani yang salah itulah, beberapa ahli kesehatan psikologi memberikan istilah “keangkuhan John Wayne” kepada pria yang bersikap seperti itu. Anda tentu masih ingat aktor film cowboy Amerika, John Wayne yang sangat terkenal semasa hidupnya.
Keberanian yang luar biasa menyebabkan John Wayne dianggap sebagai simbol kejantanan kaum pria. Nah, pria yang tumbuh dan berkembang di era keangkuhan John Wayne dianggap sebagai simbol kejantanan, paling tinggi resiko kesehatannya. Tetapi penelitian yang lebih baru yang di adakan di “Wellesley College for Research Men” juga mengungkapkan bahwa para pria muda serta remaja pun tetap rawan terhadap resiko fatal itu. Dalam suatu survey yang melibatkan 1.880 orang remaja dan pria dewasa ditemukan bahwa kaum pria yang menganut konsepsi tradisional tentang kejantanan juga dilaporkan menanggung resiko kesehatan yang paling tinggi.


Yang paling membahayakan jantung kaum pria adalah kecenderungannya menutup mulut tentang perasaannya. Sedang wanita, sebaliknya lebih banyak mencurahkan emosi. Penelitian Ron Levant, Ed.D, ahli jiwa dari “Harvard Medical School” Amerika Serikat, mengatakan bahwa kebanyakan pria merasa berat untuk mengungkapkan emosinya. Perlu diketahui bahwa mengungkapkan perasaan merupakan cara alami terbaik untuk menanggulangi stres dan ketegangan-ketegangan.


Levant memberi beberapa pasiennya beberapa kartu yang dapat mendatangkan apa yang disebut buzz, yakni perasaan psikologis yang datang bersama emosi. Dan mereka diminta untuk menuliskan perasaan-perasaannya. Kemudian Levant memeriksa catatan yang mereka buat. Levant mengatakan bahwa pasiennya ketika diberi kesempatan mengungkapkan perasaannya merasa bagaikan lahir kembali. Pasien yang dalam usia 30an tahun mengatakan bahwa ia bagaikan hidup di alam hitam putih, dan seperti tiba-tiba memasuki dunia yang penuh warna-warni.


Nah, untuk itu para ahli psikologis menganjurkan agar lupakan saja “Keangkuhan John Wayne”. Belajarlah lebih terbuka agar mampu mengungkapkan suasana hati. Kekerasan hati dalam bentuk berani yang salah kaprah itu akan menyebabkan terjadinya kematian karena serangan jantung dan beberapa penyakit lainnya. Jika ingin tetap sehat fisik maupun jiwa, lupakan saja simbol kejantanan John Wayne tersebut.
About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s