Kunci sukses dalam karier

Sebuah kesuksesan karier menuntut kompetensi, karakter dan komitmen untuk mendapatkan respek. Maka dari itu sebuah kesuksesan karier tidak mungkin datang begitu saja atau faktor keberuntungan belaka. Perjuangan keras melelahkan, pengorbanan waktu, tenaga dan pikiran tak kan pernah lepas dari perjalanan proses menuju sebuah kesuksesan karier.

Menurut CEO, jawabannya adalah kalau kita mampu melakukan tugas yang menjadi tanggung jawab dengan baik. Untuk itu, kita harus benar-benar memahami apa yang diharapkan dan apa yang harus dikerjakan. Seorang konsultan manajemen mengatakan bahwa keberhasilan dicapai dengan cara kerja yang cermat. Work smart not only work hard. Caranya, buatlah buku harian tugas dan tidak lupa mencatat tugas-tugas yang harus diprioritaskan. Batasi atau delegasikanlah tugas-tugas yang tidak begitu penting sehingga anda bisa lebih memusatkan perhatian kepada tugas-tugas yang lebih besar.

Lain lagi menurut kacamata seorang direktur bank. Selalu siap, tepat waktu, dan teliti dalam melakukan tugas adalah sesuatu yang sangat penting dalam menuju keberhasilan. Kemajuan di masa depan tergantung kepada kemampuan anda untuk melakukan tugas sebaik mungkin. Bila perlu, bekerja lembur untuk mendapatkan nilai tambah. Sebagai acuan bagaimana menentukan masa depan kita baca artikel Masa lalu masa depan dan masa kini sebagai motivasi.

Seorang direktur personalia mempunyai tambahan untuk itu. Menurutnya, kita harus bersikap positif dalam melihat hidup. Selalu memberi salam, wajah ceria dan bersedia menawarkan bantuan atau saran kepada pimpinan, teman, atau staf. Bagaimana cara berpikir positif? Baca artikel Berpikir Benar. Perlakukanlah para senior dengan hormat dan patuhi aturan permainan yang ada. Kemukakanlah gagasan-gagasan dengan simpatik dan dengan cara yang positif. Jangan sampai membuat sang atasan merasa bodoh atau merasa kecil.

Seorang direktur medis punya kiat lain untuk sebuah kesuksesan dalam berkarier. Katanya, bersikap benar, tahu sopan santun dan profesional, akan membawa seseorang ke jenjang sukses. Hindari kebiasaan bergosip, percaya diri-sendiri dan jadilah orang yang bisa dipercaya. Selain itu, berpakaian yang benar, rapi dan pandai-pandai menyesuaikan dengan suasana.

Bagi kebanyakan orang, kesuksesan sering diukur dari titel, pangkat, penghasilan besar dan kekuasaan atau nama besar. Namun bagi sementara orang, kesuksesan adalah keseimbangan antara pekerjaan dan komitmen pribadi, dengan cukup waktu luang untuk keluarga di rumah. Tentu saja itu terserah bagaimana cara anda memandangnya.

Yang jelas, pusatkanlah segala kemampuan, daya pikiran dan perhatian kepada kesuksesan jangka panjang. Bila perlu tuliskanlah semua di dalam buku harian. Berapa lamakah jangka waktu yang menjadi target, dua tahun ataukah lima tahun? Buatlah analisa untuk tiap-tiap tahap. Bila rencana cukup realistis, berarti anda mempunyai suatu rencana pasti yang bisa dilaksanakan.

Ketahuilah bahwa mereka yang sukses bukan berarti tidak pernah mengalami kegagalan. Kita semua pasti pernah mengalami kekecewaan, kegagalan dan bahkan tragedi. Mereka yang sukses, belajar dari pengalaman pahit ketika gagal. Bila jalan mereka ternyata terhalang, mereka mencari jalan lain. Mungkin pula harus dari permulaan lagi. Sebagai wacana baca artikel Janganlah berlama-lama terpaku pada kegagalan.

Barangkali rahasia sukses yang terbesar adalah memiliki keberanian dan keuletan, bangkit lagi setiap kali jatuh. Jika kita benar-benar ulet, penuh percaya diri dan berkemauan keras, kesuksesan bukan mustahil akan bisa kita capai. Keberhasilan dan kesuksesan untuk sebuah perusahaan tentu saja lebih penting daripada perasaan atau tujuan pribadi dari masing-masing orang. Ketahuilah bahwa setiap orang memiliki kontribusi yang sama pentingnya untuk dapat memajukan perusahaan. Berilah kesempatan kepada kolega kerja untuk maju dan menjadi dirinya sendiri. Bersikaplah sportif dan diplomatis. Ingat! Belajar untuk bekerja sama adalah kehidupan, bukan hanya sekedar bisnis.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s