Motivasi Hidup

7 kiat memotivasi hidup

Pernahkah anda suatu saat berada dalam keadaan hampa, tidak tahu apa yang harus dilakukan? Hubungan dengan siapapun juga rasanya serba buruk, tiba-tiba saja anda membenci pekerjaan dan benci kepada siapa saja. Anda tidak tahu mengapa semua impian tiba-tiba sirna. Banyak orang yang membiarkan pikiran atau pengaruh negatif dari orang lain menguasai perasaan dan keyakinan dirinya sendiri. Mungkin anda salah seorang di antaranya? Atau salah seorang yang dekat dalam kehidupan anda menderita siksaan itu? Keadaan ini tentu sangat merugikan bukan?

Secara tak sadar anda telah menempatkan diri ke tangan orang lain dan membiarkan diri anda tidak berdaya. Karena telah meremehkan diri sendiri, akhirnya anda tidak tahu apa yang sebenarnya anda inginkan. Celaka bukan? Lebih celakanya lagi, gagasan untuk memilih dan memiliki kehidupan seperti yang anda kehendaki seringkali merupakan hal yang menakutkan. Apa yang anda inginkan? Bagaimana cara anda melakukannya? Dan dari mana anda harus mulai? Sejumlah pertanyaan semacam itu pasti muncul.
Nah, untuk itu anda perlu mengadakan perubahan pada hidup anda, dan yang penting anda harus konsisten, ulet dan tabah. Berikut ini improve7.com memberikan 7 kiat memotivasi hidup anda.

1. Menguatkan diri
Shakti Gwain dalam bukunya “Creative Visualization” menekankan pentingnya sikap positif. Anda sering cenderung mendengarkan pernyataan negatif orang lain dan tidak berusaha untuk mengelaknya. Misal, “Mengapa mesti dipikirkan?”, “Anda sudah terlalu tua untuk memulai dari awal”, Aku selalu gagal, buat apa selalu berpikir bahwa aku bisa berhasil?” dan lain sebagainya.
Suara-suara negatif seperti itu banyak mempengaruhi anda. Cobalah melihat lebih jauh dan sadari betapa kuatnya anda. Atau anda sebenarnya mampu untuk tidak membiarkan diri dipengaruhi oleh sikap negatif. Untuk itu, anda dapat menciptakannya melalui sikap dan pernyataan kepada diri sendiri. Misalnya:
  • “Saya penuh percaya diri dan mampu”.
  • “Saya mampu melakukan apapun yang saya kehendaki”.
  • “Saya mencintai dan berhak untuk dicintai”.

Pernyataan positif seperti di atas diperlukan untuk membuat diri menjadi lebih kuat. Dengan demikian anda bisa mengembangkan potensi diri menjadi manusia yang cakap dan mampu. Selengkapnya anda bisa baca artikel 7 langkah memperkuat percaya diri.


2. Mengistimewakan diri sendiri
Boleh jadi selama ini anda terlalu terikat kepada tanggung jawab dan keharusan. Wajib begini, wajib begitu, tidak boleh ini, itu dan sebagainya. Bahkan anda sampai tidak tahu apa yang sebenarnya di inginkannya. Mungkin anda merasa berdosa meski baru sedikit saja memikirkan diri sendiri. Tetapi, coba renungkan, milik siapakan kehidupan anda?.
Belilah buku yang ingin anda baca, putarlah video yang ingin anda lihat, belilah sesuatu yang telah lama anda impikan. Pokoknya, nikmatilah hidup anda. Mungkin pula anda ingin mendaftar kursus musik yang telah lama anda idamkan, menelepon teman dekat. Lompatlah ke pekerjaan yang anda sukai, berpolitiklah bila itu cita-cita anda dan raihlah apa yang anda inginkan. Anda akan merasakan betapa berarti dan nikmatnya kehidupan ini.

3. Visualisasi diri
Pertama anda harus mengetahui apa yang sebetulnya sangat anda inginkan untuk diri sendiri. Dari pengalaman atau dari apa yang selama ini anda lakukan, anda akan tahu bahwa ini akan berhasil. Mungkin sebelumnya anda selalu berpikir bahwa diri anda jelek, tidak cakap dan selalu gagal.
Setiap hari lihatlah, perhatikan dan amati bagaimana diri anda bertindak dan berbuat, sehingga akan nampak dalam cara yang positif. Apakah anda berharap diri anda lebih cantik, lebih tampan? Ingin diri anda lebih ramping, lebih menarik dan bangkitkanlah rasa percaya diri, bersikaplah tenang dan rileks. Nikmatilah suatu keadaan di mana orang-orang seruangan penuh memandang dan mengagumi anda. Bayangkan pakaian anda, kenakan, rasakanlah betapa keyakinan diri tumbuh dan berkembang. Anda ingin berganti pekerjaan? Bayangkanlah diri anda pada pekerjaan baru yang lebih sesuai dengan potensi dan keinginan anda.
Jadilah yang terbaik! Anda telah terlalu lama berpikir bahwa diri anda tidak berharga, selalu gagal dan paling buruk. Jika pikiran negatif kembali melemahkan bayangan diri anda yang besar, biarkan itu menghilang dan pusatkan pada diri anda yang kuat dan cakap.

4. Sediakan rak majalah
Belilah berbagai majalah yang anda sukai. Tentang, otomotif, kesehatan, body building, balap mobil dan sebagainya. Bila mau jujur, sebenarnya kolom iklan pun suatu kali akan mendatangkan kegembiraan untuk dilihat-lihat. Bacalah artikel-artikel tentang tempat-tempat wisata di dunia atau artikel apapun yang anda gemari.

5. Buatlah daftar yang anda disukai
Dengan sebatang pensil, pulpen atau apa saja, tuliskan daftar hal-hal yang anda sukai. Tinggalkan pikiran anda yang lelah dan biarlah diri anda hanyut dalam kesenangan. Daftar itu bisa berisikan catatan seperti; melamun, suatu suasana kamar idaman di mana sinar matahari bisa masuk, minum kopi saat hujan malam turun, suasana fajar, bau/aroma rumput, setumpuk majalah, suasana malam yang penuh bertabur bintang, malam terang bulan dengan awan putih tipis menyelimuti sebagian bulan, orang-orang yang ramah dan bersahabat, orang-orang yang lucu dan lain sebagainya.
Banyak orang yang setelah meneliti kembali daftar kesenangan yang dibuatnya merasa mendapatkan kekuatan hidupnya. Ada pula yang menemukan bahwa daftar yang dibuat telah mendatangkan keberanian.

6. Buatlah daftar kelebihan diri anda
Buatlah daftar kelebihan diri anda yang membuat orang angkat topi dan kagum kepada anda. Sekarang, bukanlah waktunya untuk bersikap merendah (bukan berarti sombong). Misalkan saja anda senang humor, pemurah, penyanyi yang sukses, mahir bermain musik, cakap berbahasa asing, sekeretaris yang ulet, tuliskan semuanya.
Biarkanlah daftar kelebihan diri anda terus memanjang. Juga tuliskan kelenihan-kelebihan anda ketika masih di bangku sekolah dan proyeksikan ke masa depan. Anda akan menemukan bahwa anda adalah pribadi yang unik dan cakap. Jadi wajar jika anda tahu dan semakin mencintai diri anda.

7. Buatlah prioritas
Pernahkah anda mengabaikan keinginan dan hasrat anda tanpa berpikir bahwa waktu sangat bernilai untuk pengalaman yang menyenangkan? Terkadang menuruti keinginan atau rasa penasaran dapat mendatangkan kesenangan. Sebab, hal itu untuk lebih menegaskan bahwa anda adalah orang dewasa dan seorang yang merdeka. Mencoba hal-hal baru akan lebih membesarkan hati dan membuat anda bisa menilai betapa berharganya waktu dan kehidupan ini.
Ingat! Anda adalah pribadi merdeka yang tidak perlu harus menurutkan larangan dan perintah orang lain bila hal itu justru merugikan anda, baik materi maupun kejiwaan. Berbesar hatilah! Walaupun masa lampau mempengaruhi anda, tidak perlu merasa berkecil hati karenanya. Yakinlah bahwa setiap rintangan yang menghadang bisa anda patahkan. Hari ini adalah permulaan yang baik dan segalanya tergantung pada diri anda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s