Hiu Paling Ganas Meneror Australia!

Perth – Serangan hiu putih besar menjadi ancaman serius di pantai barat daya Western Australia. Padahal, ombak dan pantainya adalah magnet untuk para wisatawan. 5 Orang tewas dalam 10 bulan terakhir.

Kasus terakhir adalah hilangnya Ben Linden (24) pada Sabtu (14/7) lalu yang diduga dimakan hiu. Menteri Perikanan Negara Bagian Western Australia, Norman Moore mengeluarkan kebijakan agar great white shark ini dibantai saja.

Moore memerintahkan agar setiap hiu yang panjangnya 4-5 meter dibunuh, terutama di area serangan terakhir. Korban adalah peselancar yang sedang liburan menikmati ombak di Wedge Island, 160 km di utara Perth.

“Lima kematian di Western Australia dalam 10 bulan belum pernah terjadi sebelumnya dan ini adalah peringatan. Ini akan merusak industri pariwisata. Orang-orang yang ingin datang ke sini untuk menikmati lautan, bisa berpaling karena situasi ini,” kata Moore dilansir Sydney Morning Herald, Senin (16/7/2012).

Moore pun akan melobi pemerintah pusat Australia agar mengizinkan perburuan komersial terhadap hiu putih besar. Menurut Moore, ikan pemburu jumbo ini populasinya terus meningkat sejak dinyatakan dilindungi pada 1990-an.

Moore tidak mau menjaring hiu, karena dikhawatirkan yang mati terjaring malah paus atau hewan laut lainnya. Sementara masyarakat terbelah antara setuju mengurangi populasi hiu, atau mengatur supaya hiu itu bermigrasi.

Lantas, apa imbauan untuk wisatawan? Moore berkata peselancar dan wisatawan yang ingin berenang di lautan, tidak boleh masuk ke air saat pagi hari atau senja.

Sementara itu, dampak dari tewas dan hilangnya Linden, pantai-pantai di Wedge Island ditutup untuk para traveler. Aktivitas air seperti berenang atau surfing pun ditiadakan. Itu semua setidaknya diberlakukan dalam 2 hari, sementara polisi dan relawan terus mencoba mencari tubuh Linden.

Hiu putih besar memang tampak dalam 4 hari terakhir di kawasan tersebut dan dijuluki ‘Brutus’ karena ukuran tubuhnya yang besar. Pakar hiu Rory McAuley menyebutkan pantai barat daya Western Australia adalah tempat paling berbahaya di dunia untuk serangan hiunya. Wajar kalau wisatawan diminta berhati-hati.

One thought on “Hiu Paling Ganas Meneror Australia!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s