Johannes Guttenberg Penemu Mesin Cetak

Johannes Gensfleisch lahir di Jerman (1398 – 3 Februari 1468) adalah seorang pandai besi Jerman, tukang emas, printer, dan penerbit yang memperkenalkan mencetak ke Eropa. Penemuan mesin cetak tipe mekanik bergerak mulai Revolusi Percetakan dan secara luas dianggap sebagai peristiwa paling penting dari periode modern. Ini memainkan peran penting dalam pengembangan Renaissance, Reformasi, Abad Pencerahan dan Revolusi Ilmiah dan meletakkan dasar bahan untuk ekonomi berbasis pengetahuan modern dan penyebaran pembelajaran kepada massa.

Gutenberg adalah orang Eropa pertama yang menggunakan cetak movable type, pada sekitar 1439. Di antara banyak kontribusi untuk pencetakan adalah: penemuan proses untuk memproduksi secara massal movable type, penggunaan minyak berbasis tinta, dan penggunaan mesin cetak kayu mirip dengan menekan sekrup pertanian periode. Penemuan yang benar-benar dr jaman yg penting adalah kombinasi dari unsur-unsur ke dalam sebuah sistem praktis yang memungkinkan produksi massal buku cetak dan ekonomis untuk printer dan pembaca. Metode Gutenberg untuk membuat jenis secara tradisional dianggap telah termasuk jenis paduan logam dan cetakan tangan untuk casting tipe.

Penggunaan tipe bergerak adalah peningkatan yang nyata pada naskah tulisan tangan, yang merupakan metode yang ada produksi buku di Eropa, dan setelah mencetak woodblock, dan merevolusi Eropa buku keputusan. Teknologi cetak Gutenberg menyebar dengan cepat di seluruh Eropa dan kemudian dunia.

Pekerjaan utama-Nya, Alkitab Gutenberg (juga dikenal sebagai 42-garis Alkitab), telah diakui untuk kualitas yang tinggi estetika dan teknis.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s