Jumlah Guru Bersertifikat di Palangkaraya 1.328 Orang

PALANGKARAYA — Jumlah guru yang sudah memiliki sertifikat di Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah, sebanyak 1.328 orang dari 3.298 guru pegawai negeri sipil (PNS) dan non-PNS 1.400 orang.

“Ke depan, pada 2014/2015, semua guru yang belum bersertifikat dan yang belum S-1/D-4 diharapkan dapat dituntaskan,” kata Wali Kota Palangkaraya HM Riban Satia di Palangkaraya, Minggu (5/8/2012).
Dengan demikian, ucap Riban, visi Kota Palangkaraya sebagai Kota Pendidikan dapat segera tercapai sejalan dengan jumlah guru yang lulus ujian sertifikasi di masa mendatang.
Wali Kota mengatakan, pembangunan di bidang pendidikan di Palangkaraya cukup menggembirakan, dimulai dari rehabilitasi gedung, ruang kelas, peningkatan sarana dan prasarana pendidikan, serta peningkatan sumber daya manusia (SDM).
Dengan adanya BOS dari APBN dan pembiayaan bagi penyelenggaraan pendidikan atau rutin sekolah dari APBD Palangkaraya, sejak 2009 peserta didik SD dan SMP negeri dibebaskan dari biaya operasional sekolah, kecuali RSBI dan SBI.
“Bagi murid yang berasal dari keluarga tidak mampu tingkat sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP) swasta juga dibebaskan dari segala jenis biaya,” tuturnya.
Berbagai upaya dilakukan Pemerintah Kota Palangkaraya untuk meningkatkan pembangunan di bidang pendidikan seperti operasionalisasi cabang dinas pendidikan ke Kecamatan Pahandut dan Kecamatan Bukit Batu melalui program wajib belajar pendidikan dasar sembilan tahun.
Upaya juga mencakup pembangunan gedung TK untuk memfasilitasi program pendidikan anak usia dini serta pelaksanaan ragam olimpiade pendidikan, seni, dan olahraga dalam upaya memacu kreativitas belajar remaja agar menjadi lebih berprestasi.
“Ini semua untuk mewujudkan pendidikan berkualitas dan prioritas utama pembangunan Kota Palangkaraya. Prioritas saat ini terdapat 368 sekolah negeri dan swasta serta 19 perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta,” katanya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s