Gurih-gurih Asin Sandwich Cake yang Unik

Ingin merayakan ulang tahun atau sesuatu yang spesial dengan cake unik? Rainbow cake dan red velvet cake sudah terlalu biasa. Bagaimana dengan cake cantik dengan isian sandwich? Pasti akan jadi sajian istimewa yang menarik perhatian.

Sandwich cake bukanlah inovasi baru dalam dunia kuliner. Di Finlandia, Swedia, dan Estonia, makanan ini populer dengan sebutan smörgåstårta. Dari jauh, cake ini terlihat seperti cake manis biasa yang bertumpuk-tumpuk, dilapisi krim, dan diberi hiasan. Padahal, seluruh bahan-bahannya seperti sandwich, hanya dengan ukuran yang lebih besar.

Cake gurih asin ini umumnya terbuat dari white atau light rye bread, roti dari biji rye yang lebih padat daripada roti gandum biasa. Isian dan toppingnya bisa disesuaikan dengan selera. Namun, biasanya telur dan mayones menjadi dasar pembuatannya.

Di negara asalnya, liver paté, buah zaitun, udang, ham, irisan daging, caviar, tomat, mentimun, anggur, irisan lemon, keju, dan salmon asap sering digunakan untuk sandwich cake. Krimnya yang berwarna putih bisa terbuat dari cream cheese, mayones, atau sour cream. Topping atau hiasannya biasanya mencerminkan isinya.

Di Amerika Serikat, cake serupa populer pada pertengahan abad ke-20. Bedanya, jika sandwich cake biasanya berbentuk bujur sangkar atau bundar, sandwich loaf umumnya berbentuk persegi panjang. Kini, sandwich loaf jarang ditemui di Amerika Serikat.

Cake ini terbuat dari roti putih atau whole wheat utuh yang diiris-iris membujur, kemudian di antara lapisannya diberi isian. Salad telur, ayam, ham, tuna, dan cheese spread adalah isian umum sandwich loaf. Namun, ada pula yang mengisinya dengan selai kacang, jelly, dan salad tofu.

Setelah disusun, tumpukan roti dan isiannya dilapisi dengan whipped cream cheese yang terkadang diberi pewarna makanan. Umumnya garnish yang digunakan adalah buah zaitun, peterseli, anggur, dan carrot curls (irisan tipis memanjang dari wortel yang dibuat spiral).

Anda bisa membuat sandwich cake/loaf bertema daging, ikan, kombinasi keju dan daging, atau serba sayuran. Tumpuk roti dan isiannya lalu simpan di kulkas semalaman. Besoknya baru lapisi cake dengan krim dan garnish. Sajikan dingin dan potong seperti cake manis.

Sandwich cake/loaf ini cocok untuk cemilan saat pesta. Sebaiknya cake ini langsung dihabiskan karena mudah basi. Cara membuatnya mudah, cakenya pun unik dan mengenyangkan. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s