Felix Berhasil Terjun Bebas dari Luar Angkasa Menembus Atmosfer

Masih ingat Felix Baumgartner? Yam dia adalah seorangskydiver yang berniat untuk terjun bebas dari luar angkasa. Dan kini, dia telah berhasil melakukannya. Si penantang maut ini telah kembali mendarat di bumi setelah melakukan terjun bebas setinggi 18 mil (sekitar 28.800 km) dengan kecepatan mencapai lebih dari 500 mph (804,67 km per jam).

Misi memecahkan rekor ini dimulai saat Menara Pengawas di Roswell, New Mexico, memberi ijin lepas landas sebuah kapsul yang dibawa oleh balon gas helium berukuran besar. Di dalam kapsul tersebut terdapat Baumgartner, seorang pria berkebangsaan Austria.
Balon tersebut membutuhkan waktu selama 90 menit untuk bisa mencapai ketinggian 90.000 kaki (sekitar 2.700 km). Saat mencapai ketinggian maksimum dan melompat, Baumgartner terjun bebas selama 3 menit 48 detik. Kemudian saat mencapai menit ke-5, dia membuka parasutnya dan sampai di permukaan bumi antara 7 sampai 10 menit kemudian. Kecepatan maksimumnya yaitu 536 mph dicapai hanya dalam waktu 25 detik.

“Tekanan yang saya alami sangat besar. dan kami tidak hanya harus bertahan, tapi juga menungguli,” kata Baumgartner pada ABC News sebelum melakukan lompatan. “Kita sudah melakukan persiapan matang, namun tetap saja ini bukan menjadi hari yang menyenangkan. Resikonya adalah nyawa saya sendiri.”
Proyek bernama Stratos ini dibiayai oleh Red Bull dan sudah direncanakan selama lima tahun oleh para ahli yang bersedia membantu secara sukarela, dengan tujuan untuk memecahkan beberapa rekor sekaligus.
Lompatan ini merupakan lompatan kedua bagi Baumgartner, yang berencana untuk lompay dan terjun bebas dari ketinggian 23 mil (sekitar 36.800 km) bulan depan.
Rekor yang akan dipecahkan oleh Baumgartner adalah rekor kecepatan suara selain pesawat, rekor terjun bebas tertinggi, rekor waktu terjun bebas terlama yang diestimasi sekitar 5 menit 35 detik, dan rekor penerbangan balon berawak tertinggi.
Baumgartner, yang suda melompat lebih dari 2.500 kali dari pesawat atau helikopter, akan mengalahkan rekor selama 52 tahun. Dan orang yang membuat rekor itu, mantan Angkatan Udara  Kolonel Joe Kittinger juga akan diminta bantuannya oleh Baumgartner untuk memberikan saran-saran.

Kittinger melompat dari ketinggian 102.900 kaki (sekitar 3.087 km) pada tanggal 16 Agustus 1960 dan terjun bebas selama 5 menit sebelum akhirnya membuka parasut pada ketinggian 18.000 kaki (540 km). Kittinger juga membuat rekor untuk peluncuran balon tertinggi, lompat menggunakan parasut tertinggi, dan kecepatan manusia melewati atmosfer bumi.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s