Ternyata Popcorn Sangat Berbahaya Bagi Kesehatan

Terkadang belum lengkap rasanya jika menonton film tanpa mengemil popcorn atau brondong jagung. Sayangnya, sebuah bahan dalam popcorn ternyata dapat memicu munculnya Alzheimer. Bahan tersebut adalah diacetyl yang terdapat dalam mentega.

Para peneliti dari Center for Drug Design di University of Minnesota menemukan bahwa diacetyl yang notabene merupakan penyedap untuk menghasilkan rasa mentega dan bau popcorn yang dimasak dalam microwave berkaitan dengan risiko Alzheimer. Penelitian ini diterbitkan dalam jurnal Chemical Research in Toxicology.

Diacetyl ternyata ditemukan juga berkaitan dengan gangguan pernapasan serta gangguan lain yang akrab dialami operator microwave untuk memasak popcorn dan peracik bumbu popcorn. Diacetyl banyak ditambahkan dalam mentega, makanan ringan, permen, makanan yang dipanggang, makanan hewan peliharaan dan produk lain seperti bir atau anggur chardonnay.
Para peneliti menemukan bahwa diacetyl membuat protein beta-amiloid berkumpul di dalam otak. Penggumpalan protein ini dapat menyebabkan munculnya penyakit Alzheimer. Tak hanya itu, diacetyl juga dapat menembus penghalang antara darah dengan otak dan menghambat proses pembersihan amiloid secara alamiah.
“Apakah kadar beracun dari diacetyl yang tertimbun dalam tubuh berasal dari konsumsi makanan yang mengandung zat diacetyl adalah pertanyaan yang belum terjawab tetapi sangat penting,” tegas peneliti, Robert Vince, PhD, pakar perancang obat seperti dilansir WebMD, Kamis (9/8/2012).
Menurut National Institutes of Health di Amerika Serikat, penyakit Alzheimer adalah penyakit otak progresif yang tak dapat disembuhkan dan secara perlahan menghancurkan daya ingat serta kemampuan berpikir. Pada akhirnya, penyakit ini akan menghambat kemampuan untuk melaksanakan tugas sederhana sehari-hari.
Kebanyakan penderita penyakit Alzheimer mulai mengalami gejala pertama setelah usianya melewati 60 tahun. Penyakit ini merupakan penyebab kepikunan yang paling umum di kalangan orang tua.
Sekitar 5,4 juta penduduk Amerika Serikat memiliki penyakit Alzheimer. Penyakit tua ini merupakan penyebab utama kematian nomor 6 di Amerika Serikat dan satu-satunya penyebab kematian terbanyak di Amerika Serikat yang tidak dapat dicegah, disembuhkan atau bahkan diperlambat.
sumber: detikcom

One thought on “Ternyata Popcorn Sangat Berbahaya Bagi Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s