Ada 150 Hosting Situs Internet di IDC

Sebagian hosting sudah berfungsi kembali. Perbaikan masih dilakukan.

Ilustrasi ruang server
Indonesia – Gedung Indonesia Data Center (IDC) fokus pada perawatan server pascakebakaran yang terjadi semalam. Kebakaran tersebut sempat membuat sejumlah situs online di Indonesia tidak dapat diakses. Salah satu situs online yang tidak dapat diakses sampai pukul 10.30 ini yakni http://www.detik.com.

Saat ditanya lebih lanjut apa saja situs-situs online populer yang menanamkan hosting di server IDC, Marketing IDC Teja tak menyebutkan secara terperinci. “Saat ini saya diberi tanggungjawab fokus untuk maintenance, coba hubungi pihak lapangan saja,” katanya, Senin, 13 Agustus 2012.

“Yang lebih tahu itu ya para ISP, juga yang penyewa rak server, saya kurang tahu apa saja, termasuk situs pemerintah yang ditanamkan di sini. Setahu saya yang ada di sini http://www.detik.com,” ujarnya. Ia memberikan keterangan bahwa di lantai 1 gedung IDC tersebut, ada 150 hosting.

Ia mengaku juga susah untuk menghubungi direktur IDC yang saat ini masih berada di luar kota.

Sampai sejauh ini IDC sudah menyalakan pendingin ruangan (AC) untuk menghidupkan server atau hosting yang terdapat dalam ruangan itu. “Perkembangnnya untuk server di lantai 1 sudah normal, sudah jalan, sedangkan lantai 2 ini sedang updating atau AC sudah dinyalakan dan menunggu sebentar lagi,” kata Teja.

Teja belum bisa memastikan kapan server atau hosting yang terdapat di lantai 2 dapat kembali normal. Tapi ia memperkirakan sekitar 1 sampai 2 jam lagi kemungkinan server di lantai dua bisa berjalan kembali.

Sedangkan Kepala Humas dan Pusat Informasi Kementerian Komunikasi dan Informatika, Gatot S Dewa Broto menjelaskan situs pemerintah tidak terkena dampak kebakaran IDC kemarin. “Sejauh ini tidak ada yang terganggu,” kata Gatot dalam keterangan tertulis.

Akibat kebakaran ini, sejumlah situs-situs online Tanah Air tak bisa diakses. Beberapa situs berita nasional juga belum bisa dibuka sampai pagi ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s