Tanda-tanda Orang Sakit Mental yang Perlu di Waspadai

Tubuh dapat merespons kondisi mental yang bermasalah seperti stres, kecemasan dan depresi dengan menunjukkan gejala-gejala kesehatan tertentu.

Jangan mengabaikan gejala kesehatan tersebut karena kondisi mental seseorang dapat lebih parah jika tidak segera diatasi.

Berikut adalah 6 gejala kesehatan yang mengindikasikan gangguan terhadap kondisi mental seseorang namun seringkali diabaikan seperti dilansir sheknows, Kamis (16/8/12):

1. Terlalu banyak tidur
Tidur sangat penting untuk mengatur emosi seseorang. Seseorang yang terlalu banyak tidur, mungkin merasa seolah-olah kehabisan waktu dalam sehari atau kehilangan momen-momen penting dalam hidupnya sehari-hari.

Tidur terlalu banyak sering merupakan gejala depresi, tetapi juga dapat terkait dengan masalah medis lainnya.

Jika Anda tidur lebih dari 8 jam sehari, tetapi tetap merasa belum mendapatkan manfaat beristirahat, segera konsultasikan kondisi Anda ke dokter.

2. Tidak cukup tidur
Gejala umum dari masalah depresi dan kecemasan juga ditunjukkan dengan gangguan tidur, seperti insomnia, sulit tertidur dan bangun di malam hari.

Kurangnya jam tidur juga dapat berkaitan dengan kondisi sleep apnea atau pernapasan terhenti berulang kali selama tidur dan ketidakseimbangan hormon.

3. Kecemasan
Seseorang yang kondisi mentalnya terganggu kadang akan merasa seolah-olah mengalami serangan jantung karena detak jantung berpacu lebih cepat dari biasanya. Sementara itu seseorang juga bisa terserang kepanikan.

4. Sakit perut
Sakit perut juga dapat menjadi gejala dari stres atau kecemasan. Sakit perut yang disebabkan oleh kecemasan akan membaik atau hilang sepenuhnya jika kecemasan telah diatasi secara efektif.

5. Sakit kepala
Terlalu sering stres dan mengalami situasi ketegangan dapat menyebabkan sakit kepala. Jika Anda merasakan nyeri hebat di kepala karena pikiran yang terlalu penat karena stres, segera periksakan kondisi Anda ke dokter.

Belajar mengatasi stres adalah cara yang paling efektif untuk meringankan sakit kepala karena ketegangan.

6. Suasana hati berubah-ubah
Kesehatan mental seseorang juga dapat diindentifikasi melalui suasana hatinya. Mood yang selalu berubah-ubah dengan cepat merupakan salah satu gejala gangguan kesehatan mental yang tidak boleh diabaikan.

sumber: detikcom

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s